Rabu, 04 April 2012

Bedah Audio Nissan Juke

JAKARTA - Nissan Juke dengan tampilan sporti-nya ini, memang dibekali fitur pada monitor head unit yang cukup memuaskan para penggemar gadget. Namun begitu driver yang tidak dibekali slot CD ini, menyulitkan bagi kalangan penyuka audiophile, terutama untuk memutar keping CD audio yang suaranya diyakini lebih berkualitas ketimbang rekaman berformat MP3.

Sesi pengetesan sound quality terpaksa menggunakan flash disk, berisi trek lagu dari CD IASCA yang dikopi ke dalam eksternal device itu. Meski kualitas suara tak berbeda jauh dari aslinya, hasil pengujian terpantau cukup baik terutama di frekuensi menengah (mid). Sayangnya suara bass terdengar cukup mendengung.

Hasil pengujian untuk tingkat kesenyapan kabin, pada level ambient noise di dalam showroom dengan kondisi cukup lengang, menghasilkan angka sebesar 72,6 dB. Sementara pada kondisi semua pintu dan kaca tertutup rapat, interior noise yang dihasilkan sebesar 63,8 dB.

Untuk hasil diagnosa menggunakan RTA, respon frekuensi suara tidak tercipta optimal. Lantaran volume maksimum tidak mencukupi untuk pengukuran di level 90 dB.

Namun dari grafik RTA yang dihasilkan pada frekuensi mid-low, tingkat akurasi nada cukup bagus. Tapi memasuki level mid-high, terjadi banyak sekali penyimpangan (deviasi). (mobil.otomotifnet.com)

REKOMENDASI :
Bisa melakukan penyetalan pada head unit, dengan menaikkan level treble sampai +1, untuk menghasilkan keseimbangan nada dengan frekuensi menengahnya.


HASIL PENGETESAN
Kemampuan mereduksi kebisingan : 8,8 dB

Keseimbangan nada : 7-8 (bagus)

Score frekuensi respon (Max 30) : 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar